Senin, 08 Juli 2013

Budidaya Ayam Broiler / Pedaging

TIPS MEMELIHARA TERNAK AYAM BROILER 

Ayam broiler  telah menjadi primadona dalam bisnis ternak unggas selain ternak ayam kampung yang lebih dulu dilakukan. Hal yang menarik dari bisnis ayam broiler adalah masa panen yang cukup singkat. Hanya dalam waktu 40 hari ayam broiler sudah dapat dipanen. Hal ini membuat peternak yang memiliki modal terbatas dapat lebih cepat memutar modal dan memetik keuntungan. Selain itu pemasaran dari daging ayam broiler cukup mudah karena animo masyarakat akan daging yang satu ini cukup besar. Namun tidak sedikit peternak ayam broiler justru merugi dan akhirnya gulung tikar, karena kurangnya pengetahuan dalam bidang ternak ayam broiler. Penyebab kerugian dalam ternak ayam broiler bermacam-macam antara lain tingkat kematian yang tinggi, waktu panen yang lama, bobot ayam tidak memenuhi standard dan lain-lain. Karena itu peternak ayam broiler harus mengetahui secara detail setiap langkah dan komponen penentu keberhasilan ternak ayam broiler.
Agar ternak ayam broiler memberikan keuntungan bagi peternak, ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh peternak antara lain:

1. Sistem Kandang Ayam Broiler
Kandang ayam broiler harus memenuhi syarat-syarat teknis dan kesehatan ternak, antara lain : tidak bocor waktu hujan, ventilasi cukup dan sinar matahari tidak dapat masuk secara langsung ke dalam kandang. Jarak antar kandang tidak terlalu rapat, dengan jarak minimal antar kandang selebar satu kandang. Saluran-saluran air atau pembuangan di sekitar kandang harus lancar.
Lantai kandang harus miring ke satu atau dua arah untuk mempercepat proses pembersihan dan mencegah menggenangnya air di dalam kandang. Bahan-bahan dan konstruksi kandang harus kuat dan tahan lama sehingga tidak cepat rusak ataupun membahayakan pekerja.
2. Peralatan kandang Ayam Broiler
Peralatan kandang dalam ternak ayam broiler yang cukup vital antara lain tempat pakan (feeder), tempat minuman (drinker), pemanas, seng pelindung anak ayam (chick guard), layar/tirai penutup kandang dan alat semprot desinfektan (sprayer).
Semua peralatan itu harus tersedia dalam jumlah yang cukup. Sebab jika peralatan tersebut kurang dari kebutuhan berdasarkan jumlah ayam yang dipelihara, dapat menimbulkan masalah seperti : berat badan standar akan sulit tercapai. Jumlah ayam yang kerdil akan tinggi. Problem penyakit yang timbul akan lebih sering dan sulit untuk diatasi. Angka kematian tinggi serta kualitas rata-rata ayam secara keseluruhan akan jelek.
3. Pemilihan Anak ayam /DOC (Day Old Chicken).



Pemilihan anak ayam broiler yang dipelihara sangat penting untuk diperhatikan, karena menentukan keberhasilan dalam beternak. Anak ayam umur sehari (DOC) yang baik mempunyai ciri-ciri : bulu kering dan bersih, berat tidak dibawah standar (minimal ± 39 gr/ekor), lincah, tidak mempunyai cacat tubuh dan tidak menunjukkan adanya penyakit-penyakit tertentu seperti ompalitis, ngorok ataupun pullorum yang dapat dilihat dari adanya kotoran berwarna putih yang melekat pada dubur.
4. Pakan / Makanan
Pakan yang baik adalah yang cukup mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh ayam (protein, lemak, abu, serat kasar, energi, vitamin dan asam-asam amino).
Hal ini dapat dilihat dari standar kebutuhan zat-zat makanan pada masing-masing eriode pemeliharaan yang dapat dipenuhi oleh pakan tersebut. Yang juga tidak kalah penting tapi sering terlupakan adalah pakan tersebut harus tidak menyebabkan diare, sebab diare dapat menyebabkan litter menjadi basah sehingga konsentrasi amoniak di dalam kandang meningkat. Pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit dan problem berat badan.
5. Obat-obatan
Obat-obatan harus disiapkan sebelum menjalankan ternak ayam broiler, agar jika ada gejala gangguan penyakit dapat segera diatasi dan tidak menimbulkan kerugian. Obat-obatan yang disiapkan meliputi antibiotika, vaksin dan vitamin yang dibutuhkan untuk membantu mempertahankan kesehatan ayam, ataupun mengobati ayam bila terserang penyakit.
Pemilihan dan pemakaian obat-obatan yang digunakan harus tepat sesuai dengan kasus yang dihadapi. Oleh sebab itu, diagnosa penyakit tidak boleh salah untuk keefektifan terapi pengobatan yang dijalankan.
Yang wajib untuk dipahami peternak, adalah obat-obatan ini hanya sebagai pendukung, bukan faktor utama yang menyebabkan ayam menjadi sehat. Sebab, faktor utama untuk menghasilkan ayam yang sehat adalah sanitasi dan tata laksana pemeliharaan yang benar. Obat-obatan yang bagus dan mahal tidak akan bermanfaat banyak bila sanitasi dan manajemen pemeliharannya buruk. Malah dapat menimbulkan kerugian, karena problem penyakit akan sering muncul dan sulit untuk diatasi, yang pada akhirnya biaya produksi menjadi tinggi.
6. Manajemen pemeliharaan
Faktor-faktor di atas dapat berfungsi dengan baik bila manajemen atau tatalaksana pemeliharaan yang dijalankan benar. Manajemen yang baik akan meningkatkan efisiensi faktor-faktor produksi, sehingga memperkecil beban pengeluaran, yang pada akhirnya dapat memperbesar keuntungan yang diperoleh.
7. Pemasaran
Akhir dari masa pemeliharaan ayam broiler akan bermuara pada pemasaran, sehingga tahap pemasaran ini tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan suatu usaha. Akan sia-sia kerja yang baik apabila penanganan pemasaran broilernya dilakukan kurang rapi dan terencana karena dapat mengurangi perolehan peternak.
Pemasaran yang baik adalah yang tepat waktu, memakan waktu yang sesingkat-singkatnya dan dengan harga jual yang relatif tinggi. Akan tetapi harga jual di sini tentu saja mengikuti pasaran yang berlaku. Oleh sebab itu, faktor ketepatan waktu dan lamanya proses pengangkatan ayam dari kandang sangat penting diperhatikan.
Pemasaran yang terlambat, walau hanya satu-dua hari, akan memperbesar biaya produksi terutama untuk pakan. Sedang proses pengangkutan ayam dari kandang yang berlarut-larut akan menimbulkan stres pada ayam sehingga akhirnya akan meningkatkan angka kematian, yang tentu saja menjadi beban peternak.
UKURAN KANDANG
Tidak ada ukuran standar kandang ideal untuk ayam broiler. Namun sebaiknya anda membuat kandang dengan lebar 4-8 meter dan panjang tidak lebih dari 70 meter. Yang perlu mendapat perhatian anda adalah daya tampung atau kapasitas kandang. Setiap meter persegi sebaiknya di isi 45-55 ekor DOC sampai umur dua minggu. Kemudian jumlahnya bisa anda kurangi sesuai dengan bertambahnya umur ayam.
Lantai Kandang Ayam Tanpa Sekam
ADA beberapa tipe lantai kandang ayam broiler (pedaging/potong) yang dipakai peternak di Indonesia yaitu lantai tanah/semen (deep litter), berbilah (berlubang) (all-slat) dan kombinasi (slat and litter. Lantai tanah/semen adalah kandang yang lantainya dari tanah dipadatkan atau disemen dan di atasnya ditabur bahan alas lantai seperti sekam. Lantai berbilah, adalah kandang dibuat model panggung yang lantainya dibuat jajaran kayu dengan celah antarkayu sekitar 1-2 cm sehingga kotoran jatuh ke tanah, sedang kombinasi yaitu kandang sebagian lantai tanah dan sebagian panggung biasanya digunakan di pembibit ayam (breeding farm)

Pada kandang berlantai tanah biasanya lantai ditaburi/dialasi dengan sekam setebal 5 sd 10 cm dan digunakan memelihara ayam broiler dari umur 1 hari sampai panen (42 hari), jika basah/lembab sekam dibalik atau diganti yang baru. Pada kandang panggung lantai dialasi plastik/terpal dulu baru ditebar sekam dan digunakan untuk memelihara ayam dari umur 1 sd 14 hari untuk menghindari kaki ayam terperosok, setelah itu alas plastik/ terpal dikeluarkan sehingga kotoran jatuh ke tanah. Untuk bahan alas lantai yang biasa digunakan peternak adalah sekam, mungkin alasan utama adalah murah dan mudah didapat, namun karena sekam sekarang bersaing dengan usaha industri batu bata maka harga meningkat dan sampai peternak di Kedu Temanggung kesulitan sekam dan mengancam kelangsungan usaha
.

Bahan Lantai Kandang

Sebenarnya peternak dapat menggunakan bahan alas lantai kandang (litter) tidak harus sekam, boleh dari bahan lain karena hakikatnya bahan yang dipakai harus mempunyai daya serap terhadap air tinggi. Menurut Brake (1992) bahwa bahan litter yang baik adalah bahan yang: 1) bersifat absorben, 2) bebas debu, 3) sukar untuk dimakan ayam, 4) tidak beracun, 5) murah/berlimpah, dan mudah diangkut/diganti.

1. Absorben maksudnya mempunyai daya serap terhadap air tinggi sehingga kotoran cepat kering.

2. Bebas debu maksudnya jika sudah ditempatinya ayam tidak mengeluarkan debu yang dapat menyebabkan iritasi pada mata ayam maupun pekerja.

3. Sukar untuk dimakan ayam maksudnya ukuran partikel bahan litter lebih besar dibanding ukuran partikel pakan terutama di awal pemeliharaan.

4. Tidak beracun maksudnya jika bahan litter ada yang termakan oleh ayam tidak akan mematikan ayam.

5. Murah dan mudah didapat maksudnya bahan yang dipakai tidak menjadikan biaya produksi jadi meningkat tajam dan ketersediaannya kontinyu.

6. Mudah diangkut/diganti maksudnya jika di dalam kandang litter basah/lembab sekam dibalik atau diganti yang baru.
Pada pemeliharaan broiler secara komersial, pada umumnya anak ayam diperoleh dari penetasan dengan menggunakan mesin tetas. Oleh sebab itu  dibutuhkan induk buatan sebagai pengganti untuk melindungi anak ayam dari kondisi lingkungan yang buruk. Dengan adanya induk buatan tersebut maka anak ayam  akan dapat tumbuh dengan baik. Sistim induk buatan inilah yang sering kita kenal dengan istilah brooding
Brooding berasal dari kata brood yang berarti seperindukan. Jadi masa brooding adalah masa dimana anak ayam masih butuh indukan atau butuh penghangat buatan  sampai umur tertentu yaitu sampai anak ayam bisa menyesuaikan sendiri dengan suhu lingkungannya. Masa brooding merupakan  salah satu periode kehidupan ayam dan menjadi pondasi awal bagi kehidupan maupun produktivitas  ayam pada fase berikutnya. Keberhasilan  pada fase brooding ini akan diikuti oleh fase  berikutnya sehingga memudahkan peternak untuk memperoleh keuntungan yang optimal. Sebaliknya, kegagalan pada fase brooding akan menyebabkan kegagalan fase berikutnya sehingga menyebabkan produktivitasnya turun, hal ini karena potensi genetik ayam tidak dapat muncul secara optimal.
Tujuan dari brooding adalah untuk menyediakan lingkungan yang nyaman dan sehat secara efisien dan ekonomis bagi anak ayam dan untuk menunjang pertumbuhan secara optimal. Pada masa itu merupakan masa yang paling menentukan, karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhan masa selanjutnya. Pada saat anak ayam berumur 0 sampai  14 hari, akan terjadi perbanyakan sel atau “hyperplasia”. Perbanyakan sel ini meliputi perkembangan saluran pen- cernaan, perkembangan saluran pernapasan dan perkembangan sistem kekebalan.

Masa brooding ini akan berpengaruh pula pada pertumbuhan selanjutnya yang berupa petumbuhan hypertropia  yaitu sel-sel  akan memperbesar ukurannya atau terjadi pendewasaan sel. Pada fase brooding dapat juga terjadi gangguan pembelahan sel. Pada pembelahan yang sempurna, satu sel akan membelah menjadi 8 sel, tetapi apabila terjadi gangguan maka dapat juga terjadi 1 sel hanya bisa membelah diri menjadi 6 sel. Akibatnya, pada fase pertumbuhan hypertropi, karena jumlah sel yang lebih sedikit maka akan menghasilkan organ yang lebih kecil pula dengan fungsi yang kurang optimal. Keberhasilan masa brooding ini sangat dipengaruhi oleh suhu, kelembapan dan  kualitas udara dalam kandang.

Sebelum membuat brooding, kandang dan peralatan kandang harus sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Langkah-langkah dalam  mempersiapkan kandang antara lain:
1.     membersihkan kotoran  dan sekam yang ada dalam kandang habis panen
2.     memasangan tirai kandang dilakukan dengan  cara menutup semua permukaan dinding kandang
3.     Mencuci kandang dengan air bersih. Dilakukan dengan cara membasahi  atau menyemprot kandang dengan air disemua permukaannya.
4.     Mencuci dengan deterjen. Pencucian ini dimaksudkan untuk membunuh mikroorganisma yang memiliki lapisan lunak sebagai pelindung saat berada di luar tubuh ternak dan juga akan menurunkan tegangan permukaan dari kotoran-kotoran ayam yang menempel di lantai atau dinding kandang.
5.     Mencuci dengan desinfektan. Kegiatan mencuci/menyemprokan dengan desinfektan  ini ber tujuan agar semua mikroorganisma yang masih menempel di dinding-dinding kandang, langit-langit kandang, lantai kandang, tirai yang telah dipasang didinding kandang serta dilingkungan sekitar kandang  mati.
6.     Mengapur kandang, dengan cara kapur  diencerkan dengan air, kemudian dioleskan dengan alat kuas pada permukaan kandang, yang meliputi : dinding kandang baik di dalam maupun di luar kandang, lantai kandang, kerangka kandang dan lantai  disekitar kandang.
7.     Menebar sekam. Sebelum dimasukkan kedalam kandang pastikan bahwa sekam sudah disemprot dengan NaOH atau desinfektan lainnya, setelah kering baru dimasukkan.
Setelah kandang dan peralatannya sudah siap maka kegiatan selanjutnya adalah membuat brooding. Brooding harus sudah dipersiapkan kira-kira 3 hari sebelum DOC broiler tiba. Brooding yang baik harus  dapat melindungi ayam dari angin, hujan, perubahan suhu yang mendadak dan serangan hewan liar (tikus, burung). Serangkaian sistem yang mendukung brooding antara lain heater (pemanas), chick guard (sekat), tempat ransum dan minum, litter, pencahayaan, suhu dan kelembapan sirkulasi udara dan kepadatan brooding.
Ukuran brooding tergantung dari jumlah dan umur ayam. Semakin besar dan umur ayam semakin bertambah, maka brooding harus diperluas. Usahakan udara atau oksigen di dalam brooding jangan terlalu pengap. Artinya jangan lupa memperhatikan kepentingan ventilasi udara bagi ayam. Pelebaran chicken guard dapat dimulai pada hari ke 4 sesuai dengan pertumbuhan ayam  dan kepadatan kandang.  Brooding pada ayam broiler pada umumnya dipergunakan sampai ayam berumur 15 hari. Diatas umur tersebut brooding tidak dipergunakan lagi.
Keberhasilan masa brooding sangat tergantung dari:
1.  Pemanas (heater)
Heater atau pemanas yang baik harus mampu menghasilkan panas yang cukup, stabil dan terfokus. beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pemanas yaitu
a.  mudah mengoperasikannya
b.  suhunya selalu stabil
c.  bahan baku mudah tersedia
d.  biaya murah

2.  Jenis Pemanas
Beberapa jenis pemanas yang biasa dipakai di peternak adalah gasolec (infra red gass brooder), semawar (sumber panas dari minya tanah), batu bara,  lampu bohlam,  kayu bakar, serbuk gergaji dan sumber panas lainnya.
3.  Sekat (Chick Guard Brooder)
Sekat (Chick Guard Brooder) dapat dibuat dari  bahan seng yang dibuat secara melingkar di dalam ruangan  kandang  yang dilengkapi pemanas, tempat pakan, tempat minum dan tirai kandang. Chick guard berfungsi untuk membantu  agar panas brooding tetap terfokus dan DOC tidak menyebar keseluruh ruang  kandang. Sedangkan fungsi lain  untuk melindungi anak ayam dari terpaan angin dan hewan liar. Idealnya sekat atau chick guard berbentuk melingkar atau elips. Fungsi sekat ini untuk menghindari penumpukan anak ayam pada sudut brooding. Namun pada prakteknya banyak juga yang berbentuk  segi empat atau  dengan cara menyekat kandang, karena lebih praktis. Untuk membuat dan memasang chick guard maka disesuaikan dengan jumlah DOC yang akan dipelihara. Ketentuannya untuk 1 m2 dapat menampung 50 ekor DOC, sehingga dengan menggunakan rumus luas  lingkaran yaitu , maka diameter dan keliling brooding dapat dibuat.
4.  Alas lantai kandang ( litter )
Liiter merupakan alas lantai kandang yang berfungsi untuk menampung dan menyerap air dari feses, meminimalkan terjadinya lepuh dada dan kaki serta untuk menjaga kehangatan kandang brooder. Bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai litter sebaiknya mempunyai sifat daya serap airnya baik, tidak berdebu, mudah didapat dan murah harganya. Beberapa bahan dari limbah pertanian yang dapat digunakan sebagai litter antara laini sekam padi, tongkol jagung, kulit kacang kedele, kulit kacang hijau, kulit kacang tanah, jerami padi serta limbah penggergajian kayu.
Bahan litter harus berbersih dari kotoran atau kuman, oleh sebab itu sebelum digunakan perlu didesinfeksi terlebih dahulu dengan menggunakan larutan desinfektan. Dalam penggunaannya, sekam di tabor secara merata dalam brooding dengan ketinggian 7-8 cm. Diatas litter perlu di alasi dengan menggunakan kertas Koran agar tempat pakan tetap bersih dan menjaga anak ayam tidak makan litter.
5.  Tempat pakan dan tempat minum


Tempat ransum dan tempat minum dapat diperoleh baik dari limbah/ barang bekas yang mudah didapat  seperti potongan box DOC ataupun   tempat pakan yang sudah jadi yang banyak di jual di poultry shop.
Tempat ini biasanya sudah di design khusus untuk anak ayam. Pada ayam yang masih kecil yaitu berumur kurang dari 2 minggu, tempat ransum berbentuk seperti nampan Untuk  chickend plate atau baby chick feeder (tempat pakan anak ayam)  dengan diameter 35 cm maka dapat menampung  sekitar 75-100 ekor. Demikian juga dengan chickend found (tempat minum anak ayam) mampu menampung 50-75 ekor

6.  Cahaya, suhu dan kelembapan
Untuk dapat tumbuh secara optimal, broiler perlu mengkonsumsi ransumnya secara maksimal. Oleh sebab itu perlu pencahayaan yang optimal terutama pada masa brooding. Pada minggu pertama broiler membutuhkan pencahayaan baik siang maupun malam selama 24 jam. Adanya pencahayaan akan menstimulasi ayam untuk selalu mengkonsumsi ransum. Cahaya juga dapat merangsang kelenjar tiroid untuk mensekresikan hormon tiroksin yang berfungsi meningkatkan proses metabolisme sehingga dapat memacu pertumbuhan anak ayam. Sedangkan kebutuhan pencahayaan dalam masa brooding adalah antara 10-20 lux atau 20-40 watt tiap 10 m2. Lama pencahayaan tergantung pada umur anak ayam. Semakin besar umur ayam maka membutuhkan waktu yang lebih kecil. Pada umur 1-3 hari lama pencahayaan 24 jam, umur 4-7 hari adalah 22 jam, umur 8-14 hari adalah 20 jam, umur 15-21 hari adalah 18 jam dan menjelang panen yaitu umur 22-24 hari adalah 16 jam
Pada masa brooding maka perlu perhatian ekstra baik suhu maupun kelembapannya. Pengontrolan suhu ini harus dilakukan sesering mungkin, dengan menggunakan thermometer yang diletakkan dalam kandang brooder dengan ketinggian 20-30 cm diatas litter. Atau dapat juga dilakukan dengan melihat aktivitas dan penyebaran anak ayam  yaitu apakah anak ayam akan menyebar rata dalam brooding, mendekati pemanas atau malah menjauhi pemanas. Demikian juga halnya dengan kelembapan, dimana kelembapan yang terlalu tinggi dapat memicu pertumbuhan jamur dan  bakteri pengurai asam urat dalam feses menghasilkan gas ammonia lebih banyak. Sedangkan kebutuhan suhu dan kelembapan masa brooding adalah sbb:
Tabel 1. Suhu dan kelembapan kandang brooder
Umur(hari)
Suhu (0 Celcius)
Kelembapan (%)
0-3
4-7
8-14
15-21
22-24
33-31
32-31
30-28
28-26
26-23
55-60
55-60
55-60
55-60
55-65
Sumber : Manual Guide Logman, 2004
7.  Sirkulasi udara
Pengaturan ventilasi dilakukan dengan cara pengaturan buka tutup tirai kandang. Namun demikian pengaturan ini harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan terutama suhu dan kecepatan angin sekitar kandang. Sirkulasi udara yang baik akan mengurangi  bau ammonia, debu ataupun asap pemanas. Brooder yang ditutup tanpa adanya ventilasi dapat menyebabkan kandungan O2 berkurang dan gas beracun yaitu CO2 dan amoniak akan meningkat.Cara pengaturan tirai adalah :
1.     Minggu I    : tirai kandang tertutup rapat
2.     Minggu II  : tirai kandang dibuka sepertiga pada bagian atas
3.     Minggu III : tirai kandang dibuka 2/3 pada bagian atas
4.     Minggu IV : tirai kandang sudah terbuka semua.
8. Kepadatan kandang
Kandang brooder yang terlalu padat akan menurunkan ketersediaan O2, meningkatkan amoniak, mempengaruhi aktivitas ayam dan meningkatkan persaingan antar ayam dalam mendapatkan oksigen dan makanan serta menstimulasi kanibalisme pada ayam. Pengaturan kepadatan kandang brooder adalah dengan cara melebarkan chick guard setiap 3-4 hari sekali sampai anak ayam berumur 14 hari. Pada saat itu ayam sudah tidak membutuhkan kandang brooder lagi dan ayam akan memenuhi seluruh ruang kandang sampai nanti  saat panen tiba

Ada beberapa hal  tatalaksana masa brooding yang perlu  dilakukan yaitu:
a.  Pastikan bahwa semua peralatan kandang berfungsi dengan baik
b. Hitung  jumlah kebutuhan peralatan brooding dan  atur sesuai dengan tata letaknya
c.   Tiga jam sebelum DOC tiba, lakukan :
·         Isi tempat minum dengan larutan gula dengan konsentrasi 2%
·         Isi ransum untuk DOC  (pakan starter) ke tempat pakan “chickend plate”
·         Nyalakan pemanas
·         Atur ketinggian dan posisi pemanas, sampai tercapai suhu yang ideal.
d.  Pasang lampu di setiap area brooding  terutama di malam hari
Setelah DOC tiba, secepatnya DOC ditangani dengan baik. Kegiatan ini dimulai dari menghitung jumlah box DOC, cek sample DOC yang ada dalam box, DOC yang mati serta kondisi secara umum (lincah, diam, cacat, dll). Hitung berat DOC rata-rata  dengan cara menimbang DOC yang masih dalam box. Berat rata-rata DOC =  Berat box yang berisi DOC dikurangi dengan box kosong kemudian hasilnya dibagi dengan jumlah DOC yang ada dalam box. Berat DOC ideal adalah ± 41 gram.  Bukalah box DOC dan segera masukkan dalam brooding sambil dihitung jumlahnya serta sekalian diseleksi. DOC yang baik mempunyai cirri-ciri: Lincah, aktif mencari makan, bentuk paruh normal, mata (bulat, bersinar dan tidak cacat), berat badan normal/sesuai standart, bulu kering, halus dan lembut, anus tidak basah dan tidak membuka, perut kering dan tidak keras/besar serta kaki tidak bengkak.
Bila brooding terlalu panas maka regulator pemanas diatur dengan cara mengangkat pemanas, sumber panas dikurangi atau membuka sebagian tirai.  Sebagai control Anda dapat melihat tingkah laku DOC, apakah menyebar merata artinya pemanas sesuai yang dibutuhkan, atau DOC mendekati pemanas yang artinya suhu pemanas kurang atau menjauhi pemanas yang artinya suhu pemanas terlalu tinggi.

Berikan ransum secara ad libitum dalam brooding tetapi cara pemberiannya dilakukan sedikit demi sedikit sesering mungkin. Berikan air minum dengan menggunakan air yang bersih, segar dan dingin. Berikan vitamin atau obat anti stress yang dilarutkan dalam air minumnya pada saat DOC baru tiba, cuaca buruk, 3 hari sebelum dan 3 hari setelah dilakukan vaksinasi. Lakukan vaksinasi ND pada saat anak ayam berumur 4 hari dengan cara tetes mata dan kill. Masa brooding ini berlangsung selama 2 minggu.

Pembuatan Kandang

 

Ventilasi Kandang
Ventilasi adalah salah satu pendukung kenyamanan ayam broiler di dalam kandang. Ventilasi yang baik dapat mengalirkan oksigen yang dibutuhkan oleh ayam dan mengeluarkan karbondioksida dari dalam kandang.

Ventilasi harus dibuat dengan memperhitungkan kapasitas kandang dan oksigen yang tersedia. Setiap berat hidup 1 kg ayam membutuhkan setidaknya oksigen 739 ml per jam dan dalam waktu tersebut sekurang-kurangnya 711 ml karbondioksida dikeluarkan. Bila ayam di dalam ruang kandang aktif bergerak, maka kebutuhan oksigen meningkat sampai tiga kali lebih besar. Artinya, oksigen harus tersedia lebih banyak.

Bila suhu di dalam ruang kandang naik dan lkelembaban udaranya diatas batas kenyamanan, maka ayam megap-megap, banyak minum, dan nafsu makannya berkurang. Dalam hal ini anda harus mengusahakan agar sirkulasi udara tetap berjalan dengan baik.

Kandang yang terlalu luas tanpa didukung kecepatan angin yang cukup akan menyebabkan sirkulasi udara di dalam ruang kandang berlangsung kurang baik. Anda bisa mengatasinya dengan mempersempit kandang atau menggunakan kipas angin untuk memungkinkan pertukaran udara yang lebih baik.

Angin yang terlalu cepat juga kurang efektif dalam menjamin pertukaran udara di dalam ruang kandang. Anda harus menghasilkan kecepatan angin dengan membuat ventilasi silang.
Atap Kandang
Usahakan anda memilih bahan atap kandang yang memiliki daya serap rendah terhadap panas. Dengan demikian ayam broiler akan nyaman di dalam kandang. Bahan atap yang memiliki warna muda  adalah salah satu alternatif yang pantas dipilih karena mempunyai daya serap panas yang rendah.
Karakteristik Daya Serap Bahan Atap Terhadap Panas
       Bahan Atap Kandang        
   Tingkat Penyerapan (%)   
Asbes semen (baru)
40
Asbes semen (lama)
70
Seng berombak (baru)
74
Seng berombak (lama)
90
Genting merah muda (baru)
47
genting (lama)
65

Tata Laksana Pemeliharaan
 Perkembangan
Tipe kandang ayam Broiler ada dua, yaitu bentuk panggung dan tanpa panggung (litter). Tipe panggung lantai kandang lebih bersih karena kotoran langsung jatuh ke tanah, tidak memerlukan alas kandang sehingga pengelolaan lebih efisien, tetapi biaya pembuatan kandang lebih besar. Tipe litter lebih banyak dipakai peternak, karena lebih mudah dibuat dan lebih murah.
Pada awal pemeliharaan, kandang ditutupi plastik untuk menjaga kehangatan, sehingga energi yang diperoleh dari pakan seluruhnya untuk pertumbuhan, bukan untuk produksi panas tubuh. Kepadatan kandang yang ideal untuk daerah tropis seperti Indonesia adalah 8-10 ekor/m2, lebih dari angka tersebut, suhu kandang cepat meningkat terutama siang hari pada umur dewasa yang menyebabkan konsumsi pakan menurun, ayam cenderung banyak minum, stress, pertumbuhan terhambat dan mudah terserang penyakit.
 Pakan
- Pakan merupakan 70% biaya pemeliharaan. Pakan yang diberikan harus memberikan zat pakan (nutrisi) yang dibutuhkan ayam, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, sehingga pertambahan berat badan perhari (Average Daily Gain/ADG) tinggi. Pemberian pakan dengan sistem ad libitum (selalu tersedia/tidak dibatasi).
- Apabila menggunakan pakan dari pabrik, maka jenis pakan disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ayam, yang dibedakan menjadi 2 (dua) tahap. Tahap pertama disebut tahap pembesaran (umur 1 sampai 20 hari), yang harus mengandung kadar protein minimal 23%. Tahap kedua disebut penggemukan (umur diatas 20 hari), yang memakai pakan berkadar protein 20 %. Jenis pakan biasanya tertulis pada kemasannya. -Penambahan POC NASA lewat air minum dengan dosis 1 – 2 cc/liter air minum memberikan berbagai nutrisi pakan dalam jumlah cukup untuk membantu pertumbuhan dan penggemukan ayam broiler.
- Dapat juga digunakan VITERNA Plus sebagai suplemen khusus ternak dengan dosis 1 cc/liter air minum/hari, yang mempunyai kandungan nutrisi lebih banyak dan lengkap.
- Efisiensi pakan dinyatakan dalam perhitungan FCR (Feed Convertion Ratio). Cara menghitungnya adalah, jumlah pakan selama pemeliharaan dibagi total bobot ayam yang dipanen.
Contoh perhitungan :
Diketahui ayam yang dipanen 1000 ekor, berat rata-rata 2 kg, berat pakan selama pemeliharaan 3125 kg, maka FCR-nya adalah :
Berat total ayam hasil panen =
1000 x 2 = 2000 kg
FCR = 3125 : 2000 = 1,6
Semakin rendah angka FCR, semakin baik kualitas pakan, karena lebih efisien (dengan pakan sedikit menghasilkan bobot badan yang tinggi). Penggunaan POC NASA atau VITERNA Plus dapat menurunkan angka FCR tersebut.
Vaksinasi
Vaksinasi adalah pemasukan bibit penyakit yang dilemahkan ke tubuh ayam untuk menimbulkan kekebalan alami. Vaksinasi penting yaitu vaksinasi ND/tetelo. Dilaksanakan pada umur 4 hari dengan metode tetes mata, dengan vaksin ND strain B1 dan pada umur 21 hari dengan vaksin ND Lasotta melalui suntikan atau air minum.
 Teknis Pemeliharaan
- Minggu Pertama (hari ke-1-7). Kutuk/DOC dipindahkan ke indukan atau pemanas, segera diberi air minum hangat yang ditambah POC NASA dengan dosis + 1 – 2 cc/liter air minum atau VITERNA Plus dengan dosis + 1 cc/liter air minum/hari dan gula untuk mengganti energi yang hilang selama transportasi. Pakan dapat diberikan dengan kebutuhan per ekor 13 gr atau 1,3 kg untuk 100 ekor ayam. Jumlah tersebut adalah kebutuhan minimal, pada prakteknya pemberian tidak dibatasi. Pakan yang diberikan pada awal pemeliharaan berbentuk butiran-butiran kecil (crumbles).
- Mulai hari ke-2 hingga ayam dipanen air minum sudah berupa air dingin dengan penambahan POC NASA dengan dosis 1 – 2 cc/liter air minum atau VITERNA Plus dengan dosis 1 cc/liter air minum/hari (diberikan saat pemberian air minum yang pertama). Vaksinasi yang pertama dilaksanakan pada hari ke-4.
- Minggu Kedua (hari ke 8 -14).
Pemeliharaan minggu kedua masih memerlukan pengawasan seperti minggu pertama, meskipun lebih ringan. Pemanas sudah bisa dikurangi suhunya. Kebutuhan pakan untuk minggu kedua adalah 33 gr per ekor atau 3,3 kg untuk 100 ekor ayam.
- Minggu Ketiga (hari ke 15-21).
Pemanas sudah dapat dimatikan terutama pada siang hari yang terik. Kebutuhan pakan adalah 48 gr per ekor atau 4,8 kg untuk 100 ekor. Pada akhir minggu (umur 21 hari) dilakukan vaksinasi yang kedua menggunakan vaksin ND strain Lasotta melalui suntikan atau air minum. Jika menggunakan air minum, sebaiknya ayam tidak diberi air minum untuk beberapa saat lebih dahulu, agar ayam benar-benar merasa haus sehingga akan meminum air mengandung vaksin sebanyak-banyaknya. Perlakuan vaksin tersebut juga tetap ditambah POC NASA atau VITERNA Plus dengan dosis tetap.
- Minggu Keempat (hari ke 22-28).
Pemanas sudah tidak diperlukan lagi pada siang hari karena bulu ayam sudah lebat. Pada umur 28 hari, dilakukan sampling berat badan untuk mengontrol tingkat pertumbuhan ayam. Pertumbuhan yang normal
mempunyai berat badan minimal 1,25 kg. Kebutuhan pakan adalah 65 gr per ekor atau 6,5 kg untuk 100 ekor ayam. Kontrol terhadap ayam juga harus ditingkatkan karena pada umur ini ayam mulai rentan terhadap penyakit.
- Minggu Kelima (hari ke 29-35).
Pada minggu ini, yang perlu diperhatikan adalah tatalaksana lantai kandang. Karena jumlah kotoran yang dikeluarkan sudah tinggi, perlu dilakukan pengadukan dan penambahan alas lantai untuk menjaga lantai tetap kering. Kebutuhan pakan adalah 88 gr per ekor atau 8,8 kg untuk 100 ekor ayam. Pada umur 35 hari juga dilakukan sampling penimbangan ayam. Bobot badan dengan pertumbuhan baik mencapai 1,8 – 2 kg. Dengan bobot tersebut, ayam sudah dapat dipanen.
- Minggu Keenam (hari ke-36-42).
Jika ingin diperpanjang untuk mendapatkan bobot yang lebih tinggi, maka kontrol terhadap ayam dan lantai kandang tetap harus dilakukan. Pada umur ini dengan pertumbuhan yang baik, ayam sudah mencapai bobot 2,25 kg.
 Penyakit
 Penyakit yang sering menyerang ayam broiler yaitu :
- Tetelo (Newcastle Disease/ND)
Disebabkan virus Paramyxo yang bersifat menggumpalkan sel darah. Gejalanya ayam sering megap-megap, nafsu makan turun, diare dan senang berkumpul pada tempat yang hangat. Setelah 1 – 2 hari muncul gejala syaraf, yaitu kaki lumpuh, leher berpuntir dan ayam berputar-putar yang akhirnya mati. Ayam yang terserang secepatnya dipisah, karena mudah menularkan kepada ayam lain melalui kotoran dan pernafasan. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan, maka untuk mengurangi kematian, ayam yang masih sehat divaksin ulang dan dijaga agar lantai kandang tetap kering.
- Gumboro (Infectious Bursal Disease/IBD)
Merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang disebabkan virus golongan Reovirus. Gejala diawali dengan hilangnya nafsu makan, ayam suka bergerak tidak teratur, peradangan disekitar dubur, diare dan tubuh bergetar-getar. Sering menyerang pada umur 36 minggu. Penularan secara langsung melalui kotoran dan tidak langsung melalui pakan, air minum dan peralatan yang tercemar. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan, yang dapat dilakukan adalah pencegahan dengan vaksin Gumboro.
- Penyakit Ngorok (Chronic Respiratory Disease)
Merupakan infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum Gejala yang nampak adalah ayam sering bersin dan ingus keluar lewat hidung dan ngorok saat bernapas. Pada ayam muda menyebabkan tubuh lemah, sayap terkulai, mengantuk dan diare dengan kotoran berwarna hijau, kuning keputih-keputihan. Penularan melalui pernapasan dan lendir atau melalui perantara seperti alat-alat. Pengobatan dapat dilakukan dengan obat-obatan yang sesuai.
- Berak Kapur (Pullorum).
Disebut penyakit berak kapur karena gejala yang mudah terlihat adalah ayam diare mengeluarkan kotoran berwarna putih dan setelah kering menjadi seperti serbuk kapur. Disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum.
Kematian dapat terjadi pada hari ke-4 setelah infeksi. Penularan melalui kotoran. Pengobatan belum dapat memberikan hasil yang memuaskan, yang sebaiknya dilakukan adalah pencegahan dengan perbaikan sanitasi kandang.
Infeksi bibit penyakit mudah menimbulkan penyakit, jika ayam dalam keadaan lemah atau stres. Kedua hal tersebut banyak disebabkan oleh kondisi lantai kandang yang kotor, serta cuaca yang jelek. Cuaca yang mudah menyebabkan ayam lemah dan stres adalah suhu yang terlalu panas, terlalu dingin atau berubah-ubah secara drastis. Penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus sukar untuk disembuhkan. Untuk itu harus dilakukan sanitasi secara rutin dan ventilasi kandang yang baik. Pemberian POC NASA yang mengandung berbagai mineral penting untuk pertumbuhan ternak, seperti N, P, K, Ca, Mg, Fe dan lain-lain serta dilengkapi protein dan lemak nabati, mampu meningkatkan pertumbuhan ayam, ketahanan tubuh ayam, mengurangi kadar kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran. Untuk hasil lebih optimal, pemberian POC NASA dapat dicampur dengan Hormonik dosis 1 botol POC NASA dicampur dengan 1-2 tutup botol Hormonik, atau 1 botol POC NASA dicampur dengan 2-4 kapsul Asam Amino. Dapat juga menggunakan VITERNA Plus yang merupakan suplemen khusus ternak dengan kandungan :
1. Mineral-mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang, organ luar dan dalam,              pembentukan darah dan lain-lain.
2. Asam-asam amino utama seperti Arginin, Histidin, Isoleucine, Lycine, Methionine ,    Phenylalanine, Threonine, Thryptophan, dan Valine sebagai penyusun protein untuk pembentukan sel, jaringan, dan organ tubuh
3. Vitamin-vitamin lengkap, yaitu A, D, E, K, C dan B Komplek untuk kesehatan dan ketahanan tubuh.

Sanitasi/Cuci Hama Kandang
Sanitasi kandang harus dilakukan setelah panen. Dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu pencucian kandang dengan air hingga bersih dari kotoran limbah budidaya sebelumnya. Tahap kedua yaitu pengapuran di dinding dan lantai kandang. Untuk sanitasi yang sempurna selanjutnya dilakukan penyemprotan dengan formalin, untuk membunuh bibit penyakit. Setelah itu dibiarkan minimal selama 10 hari sebelum budidaya lagi untuk memutus siklus hidup virus dan bakteri, yang tidak mati oleh perlakuan sebelumnya.

PERALATAN KANDANG
kebutuhan berdasarkan jumlah ayam yang anda pelihara, maka usaha ternak ayam broiler anda dapat terkena masalah, yaitu :
  • Berat badan standar akan sulit tercapai
  • Jumlah ayam yang kerdil akan tinggi
  • Problem penyakit lebih sering muncul dan sulit untuk diatasi
  • Tingginya angka kematian
  • Buruknya kualitas rata-rata ayam secara keseluruhan
Adapun alat-alat yang anda sediakan di dalam kandang ayam broiler antara lain tempat pakan (feeder), tempat minuman (drinker), pemanas, seng pelindung anak ayam (chick guard), layar atau tirai penutup kandang, dan alat semprot desinfektan (sprayer), Berikut ini penjelasannya untuk anda.
1.             Litter atau alas Lantai
alas lantai (litter) harus selalu dalam keadaan kering. Oleh karena itu sebaiknya tidak ada atap yang kering. Oleh karena itu sebaiknya tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak ada yang masuk ke dalam ruang kandang.

Litter yang bagus harus mempunyai ketebalan 10 cm. Bahannya adalah campuran kulit padi atau sekam dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya. Bisa juga berupa serutan kayu dengan panjang 3-5 cm untuk pengganti kulit padi atau sekam.
2.             Indukan (Brooder)
Alat ini berbentuk bundar atau persegi empat dengan areal jangkauan 1-3 m dengan alat pemanas di bagian tengahnya. Fungsinya seperti induk ayam yang menghangatkan anak ayam ketika baru menetas.
3.             Tempat Bertengger
Tempat bertengger digunakan sebagai tempat istirahat atau tidur untuk ayam. Alat ini diletakkan di dekat dinding dan dibuat tertutup agar terhindar dari angin. Letakkanlah alat ini pada posisi lebih rendah dari tempat bertelur.
4.             Tempat Pakan
Tempat makan untuk ayam Broiler bisa dibuat dari bahan bambu, alumunium, atau apa saja yang kuat, tidak bocor, dan tidak berkarat. Adapun jenis-jenis tempat pakan adalah:
Tempat Pakan Manual
Ragam tempat pakan manual adalah :
1.     Tempat pakan memanjang (long feeder) dengan standar 5 cm per ekor
2.     Tempat pakan bundar (round feeder) dengan standar 2 cm per ekor
3.     Tempat pakan nampan (tray feeder) yang umumnya digunakan pada minggu pertama dengan standar pada hari pertama adalah satu nampan untuk 100 ekor.
Tempat Pakan Otomatis (Chain Feeder dan Pan Feeder).
Tempat pakan nampan digunakan pada fase brooding yang secara perlahan-lahan diganti dengan tempat pakan gantung. Untuk mencegah pakan agar tidak tumpah, maka tempat pakan harus mempunyai "bibir" serta jeruji. Tujuannya agar ayam tidak mengais makanan di tempat pakan. Tempat pakan digantung tapi piringnya bisa anda tempelkan di lantai. Pakan diisikan sebanyak sepertiga tinggi piringan.
5.             Tempat Minum
Penyediaan air bersih dan dingin secukupnya harus anda lakukan agar ayam broiler tumbuh dengan baik. Adapun jenis-jenis tempat minum ayam broiler adalah :
Tempat Minum Manual.
Tempat minum berupa long drinker atau round drinker harus digantung. Pastikan tinggi bibir tempat minum sejajar dengan bagian punggung ayam bila ayam berdiri. Tempat minum ini sebaiknya memiliki bibir setidaknya 1 cm per ayam.
Tempat Minum Otomatis.
Tempat minum yang banyak digunakan adalah tempat minum bulat manual maupun otomatis dengan bentuk menyerupai bel (automatic bell drinker), nipples, drink cups, dan hanging automatic waterer. Ketinggian tempat minum harus anda atur sesuai tinggi punggung ayam. Sedangkan tinggi air pada tempat minum harus anda atur sesuai besar ayam. Pada tempat minum otomatis kebutuhan tersebut bisa anda atur dengan mudah.
6.             Sistem Pemanas
Untuk menstabilkan suhu di dalam kandang, gunakanlah berbagai sistem pemanas. Dengan bertambahnya usia, maka ayam dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk mengatur suhu badan secara sendiri. Oleh karena itu selama 14 hari pemanas ruangan akan menjadi sumber pemanas utama.

Berbagai sistem pemanas yang bisa anda gunakan untuk pemeliharaan anak ayam umur sehari (DOC ) dan anak ayam adalah :
o Lampu Bohlam.
Lampu bohlam 60 atau 100 watt digantungkan di dalam kandang. Tujuannya untuk menghangatkan sejumlah kecil DOC. Bohlam berfungsi sebagai sarana penerangan, bukan untuk pemanas yang membutuhkan energi besar. Anda juga memerlukan pemanas alternatif untuk mengantisipasi terjadinya listrik padam dan bohlam yang mudah pecah. Bohlam tidak membutuhkan oksigen namun berisiko menimbulkan kebakaran. Keuntungannya, bohlam mudah diatur untuk memperoleh panas yang dibutuhkan.
o Lampu dan Kompor Minyak Tanah.
Sumber pemanas lain yang digunakan adalah lampu minyak tanah dan kompor. Lampu minyak tanah merupakan pemanas sederhana yang digunakan untuk menghangatkan sejumlah kecil DOC. Sedangkan kompor yang digunakan adalah kompor yang dilengkapi dengan seng atu plat besi yang digantung di atasnya. Bila kompor dinyalakan, maka ia memanasi seng sehingga panas yang dihasilkan bisa memanasi area yang lebih luas. Namun lampu dan kompor berisiko menyebabkan kebakaran dan menghasilkan karbondioksida. Oleh karena itu anda harus membuat ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara. Keuntungannya, lampu dan kompor ini murah, berfungsi sebagai penerangan, dan tidak berpengaruh pemadaman listrik.
o Tungku Batu Bara dan Tungku Serbuk Kayu.
Prinsip kerja kedua alat ini relatif sama, yaitu tungku yang diisi batubara atau serbuk kayu. Bedanya, tungku batu bara bisa diisi akan menyisakan ruang untuk sirkulasi udara sedangkan serbuk kayu pada tungku ini harus dipadatkan sehingga membentuk saluran yang berfungsi untuk sirkulasi udara sehingga api bisa menyala.
o PemanasInfra Merah (Gas)
Denggan bahan bakar gas, api akan membakar keramik sampai membara. Bara inilah yang menghasilkan infra merah

Dari berbagai sumber pemanas tersebut, yang paling aman adalah pemanas infra merah berbahan bakar gas (infra red heater). Salah satu merek terbaiknya adalah Gasolec atau IGM karena :
  • Dilengkapi dengan alat pengaman (safety device) yang berfungsi mengamankan dengan menghentikan suplai gas jika terjadi padam nyala api sehingga bisa mencegah terjadinya kebakaran kandang.
  • Tinggi rendahnya suhu dapat diatur berdasarkan kebutuhan dan kondisi kandang.
  • Cara mengoperasikannya mudah dan efesien dengan daya tahan peralatan yang lebih lama yaitu lima tahun.
  • Berdasarkan perhitungan, biaya operasionalnya lebih murah dibandingkan pemanas minyak tanah maupun batubara. Biaya LPG adalah Rp 768/e, minyak tanah Rp 882/e dan batu bara Rp 826/e.
7.     Alat-alat rutin.
Alat-alat rutin yang perlu anda sediakan antara lain suntikan, gunting operasi, pisau potong operasi kecil, dan sebagainya.

Kandang Sistem Panggung
Ayam broiler dalam kandang sistem panggung bisa dikelola secara efisien. Kandang ini tidak membutuhkan alas lantai. Memang dari segi ekonomis biaya pembuatannya lebih mahal daripada kandang sistem lantai, tetapi untuk peternakan yang sulit mencari alas lantai kandang, sistem ini merupakan pilihan utama.

Lantai panggung kandang dapat dibuat dari bahan bangunan yang murah, seperti bambu yang dibelah. Tentu saja kerapatan jarak harus diperhitungkan dengan baik. Biasanya jarak kerapatan tidak lebih dari 1,75 cm agar terjadinya kematian akibat terperosok atau terjepit dalam jeruji lantai tidak terjadi sama sekali.

Usaha ternak broiler dengan kandang sistem panggung bisa dilakukan secara terpadu dengan usaha perikanan. Dalam peternakan terpadu ini usaha peternakan broiler dijadikan usaha sampingan dengan memanfaatkan kotoran ayam yang terbuang atau makanan yang tercecer. Dari sistem peternakan terpadu, Anda bisa memperoleh hasil yang optimal dari komoditas yang beragam pada areal yang terbatas, juga adanya efisiensi bahan di dalam tempat dan waktu.

Jika anda membuat kandang ayam sistem panggung di pinggir kolam, maka dasar kandang dapat dibuat dari umpakan sebagai penumpu. Ayam membuang kotorannya langsung ke dalam kolam penampung. Kolam penampung berfungsi sebagai penyaring agar air dapat mengalir ke kolam ikan. Tetapi bila yang dipelihra adalah ikan lele, mujair, atau nila, maka kolam penampungan tidak diperlukan.

Temukan kami di facebook

19 komentar:

  1. Info sejenis juga bisa baca disini gan
    http://ternakpertama.blogspot.com

    BalasHapus
  2. tolong dong yang tau cara perhitungan kotoran ayam bagaimana?

    BalasHapus
  3. PROMO NEW MEMBER 15%

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan buat permulaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di kantor cabang judi online yang berkedudukan International, jadi dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.

    https://agenzeus.org/deposit-pulsa/
    https://agenzeus.org/tag/prediksi-bola/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.org

    BalasHapus
  4. Deposit semakin MUDAH, AMAN, PRAKTIS dan TANPA JAM OFFLINE !! Dan juga bisa deposit menggunakan OVO, GOPAY dan PULSA . Hanya bersama kami ZEUSBOLA Situs Judi Online Terpercaya di Indonesia. Berbagai kemudahan ditawarkan kepada Anda semua dalam bertransaksi selama 24 jam. Ayo segera daftar, jangan ada rasa ragu lagi untuk bergabung bersama BolaZeus.com.

    Kepada semua pecinta Judi Online, Ayo kunjungi Situs ZEUSBOLA untuk mendapatkan BONUS dan PROMO menarik dari kami.

    - BONUS NEW MEMBER 15%
    - BONUS SPESIAL SETIAP HARI 10%
    - BONUS EXTRA TURNOVER FREECHIP
    - CASHBACK 15% DAN ROLLINGAN 0.6%
    Dan masih banyak Bonus menarik lainnya.

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi
    - Whatsapp : 081333555996
    - LiveChat : http://www.bolazeus.com

    Link Alternatif :
    http://www.bolazeus.com

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    BalasHapus
  5. S128Cash adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya dengan uang asli Indonesia. Dengan itu dapat kita pastikan bahwa S128Cash ini merupakan Agen Judi Online yang mampu memberikan ke untungan lebih dan tantangan lebih untuk Anda semua.

    Mari berlayar di situs S128Cash untuk mendapatkan Nakoda yang sangat terpercaya agar mampu memberikan kemenangan dan membuat Anda semua menjadi JUTAWAN !!

    Ayo segera ramaikan dan Daftar S128 Anda bersama S128Cash selaku Nakoda dari semua Situs Agen Judi Online Terpercaya.

    Disini juga memberikan PROMO BONUS sebagai berikut :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x Kemenangan Beruntun !! ( Sabung Ayam Online )

    Tidak sampai distu saja, perlu Anda tahu S128Cash juga memudahkan Anda semua dengan menyediakan deposit via ATM (SEMUA BANK LOCAL INDONESIA), OVO, GOPAY, dan PULSA !!

    Minimal Deposit : Rp 25.000,-
    Minimal WIthdraw : Rp 50.000,-

    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : S1288Poker
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    BalasHapus
  6. DEPOSIT BISA VIA PULSA!

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang sediakan jasa layanan bagi permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap anda di agen judi online yg berderajat International, resmi dan terpercaya hanya di http://104.248.148.252/.

    Yang Merupakan Perizinan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan sport sedunia.


    https://bolazeus.info/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.info/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.info/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.info/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    Atau nonton basket disini :
    nonton basket nba

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  7. Pokervita Agen Judi Domino99 Pulsa Resmi Yang Melayani Penggemar Judi Domino QQ DI Indonesia. Hanya Dengan Deposit Sebesar IDR 10.000 Pemain Dapat Menikmati Judi Domino QQ Via Pulsa, Dana, Linkaja, OVO, GoPay Dan Semua Bank Lokal Indonesia.

    Kami Menyediakan Transaksi Deposit & Withdraw Yang Lengkap, Seperti :
    - Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
    - Ovo
    - Gopay
    - Dana
    - Linkaja
    - Pulsa

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Holdem Poker
    Judi Poker Online
    Bandar Sakong Online

    Deposit Pulsa dan Deposit Bank Di Agen PokerVita
    Rumus Judi Qiu Qiu Pulsa
    Login Site Judi Pulsa Terbaru

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  8. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  9. SITUS JUDI ONLINE MUSEUMBOLA TERPERCAYA

    http://www.museumbola.pw/

    Dapatkan Promo-promo Spesial Setiap Bulannya di Museum Bola
    Nikmati Kemudahan Deposit Museum Bola dengan PULSA dan OVOpay yang kami sediakan..
    Nikmati juga banyak Bonus Lainnya Yang Kami Sediakan..

    Dapatkan Deposit dengan rate potongan terendah untuk Telkomsel, AXIS dan XL..

    DEPOSIT VIA TELKOMSEL : Rate 0.85 ( Potongan 15% )

    DEPOSIT VIA XL : Rate 0.93 ( Potongan 7% )

    DEPOSIT VIA AXIS : Rate 0.93 ( Potongan 7% )

    Dapatkan
    - Bonus Deposit 20% New Member
    - Bonus Deposit Harian 5%
    - Bonus Cashback 5% - 15%
    - Bonus Rollingan 0.7%

    - Claim Reward Level - Up
    - Copper - -
    - Bronze IDR 10,000,000 Credit : 25.000
    - Silver IDR 250,000,000 Credit : 300.000
    - Gold IDR 1,000,000,000 Credit : 2.000.000
    - Diamond IDR 5,000,000,000 Credit : 4.500.000
    - Platinum IDR 20,000,000,000 Credit : 10.000.000
    - VIP IDR 100,000,000,000 Item : YAMAHA NMAX

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6283157394921
    SMS : +6283157394921

    BalasHapus
  10. BISA DEPOSIT PAKAI PULSA TELKOMSEL

    DewaZeus adalah partner dari situs ZeusBola, yang merupakan bandar master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

    Sbg Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang presiden Isle of Man kepada beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
    https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
    wa zeusbola

    promo adu ayam s128

    Kunjungi juga link alternatif maxbet nova88 alternatif maxbet, main langsung maxbet nova88.

    BalasHapus
  11. Situs Togel Pulsa Terpercaya MUSEUMTOTO Bebas Invest – Optimasi taruhan yang kini terjadi MUSEUMTOTO sangat berlangsung aman dan tentunya bebas invest. Yang jelas, Situs Togel Pulsa terpercaya ini tak pernah berlaku curang kepada setiap member yang bergabung.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.12.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 1000.

    Agen Togel Online
    Agen Togel
    Situs Togel Online
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 12%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 12.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500

    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 12.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : Jumat.000
    • 2D : 5.000

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    AGEN SITUS TOGEL PULSA TERPERCAYA DI MUSEUMTOTO

    SITUS TOGEL PULSA TERPERCAYA MUSEUMTOTO BEBAS INVEST

    BalasHapus
  12. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Pot Limit Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs IDN Poker Online Terpercaya

    Freechip natal & tahun baru

    BalasHapus
  13. SITUS SLOT & SABUNG AYAM 2021 TERPERCAYA PROMO DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!!

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Banyak jackpot Menanti Anda !
    Gabung sekarang di MBO128 AGEN online terpercaya
    BONUS NEW MEMBER 15%
    Bonus Harian 10%
    Minimal Dp 10Rb
    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN !!

    Yuk Buruan Gabung Sekarang Di MBO128 Situs Slot Online Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Menang loh..

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    BalasHapus
  14. Deposit pulsa dengan rate yang bersaing.

    Info lebih lanjut hub :
    WA: 0822 6793 2581

    BalasHapus
  15. Masih zaman gonta ganti user ID untuk bermain sebuah permainan?
    Tinggalkan semua itu dan mari join bersama kami di BOLAVITA

    Hanya dengan 1 user ID anda bisa bermain semua permainan

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    BalasHapus
  16. 50 rb jadi jutawan tunngu apa lagi
    silahankan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%
    sialhkan hub : WA : +6281 29739 2623

    BalasHapus
  17. The most popular slots, casino site slots games, and roulette
    There's a lot of fun at The Slots Casino, one of the most popular slot sites in luckyclub Las Vegas. This casino is powered by a reputable brand called Casino

    BalasHapus
  18. The Wynn Hotel & Casino - Goyang Construction
    The Wynn 크루즈 베컴 Hotel & Casino (also known as Wynn Las Vegas) is a luxury resort 브라밝기조절 and casino 마틴 게일 located on The 아이벳25 Strip in Paradise, Nevada. 먹튀사이트

    BalasHapus